Saturday, January 27, 2018

Macam-macam penyakit ikan lele

Hellow guys ...gimana kabar ni ,semoga kalian selalu pada lindungaNya ..Aamiin..
posting kali ini saya akan berbagi tentang macam-macam penyakit yang sering terjadi pada ikan kumis kesayangan kita semua..
Lele terbilang hewan yang memiliki kekuatan bertahan hidup maka dari itu banyak pecinta ikan ingin sekali membudidayakan dan memeliharanya,
Tapi jangan salah guys...membudidayakan ikan berkumis ini memang tidak bisa kita sepelekan apalagi
hanya mengetahui teori tanpa anda praktekan,
setidaknya kita harus lebih teliti dalam memantau kehidupanya dengan cara pengecekan rutin setiap pergantian suhu pada pagi menjelang siang, dan pada sore menjelang malam mengerti kan guys...

lele memang hewan yang kuat ,tapi apakah dia tidak bisa stress,stres pada lele bisa mengakibatkan kematian yang lumayan bahkan pengalaman saya bisa TOTAL .DEAD.

Penyakit lele sering terjadi pada pembudidayaan yang menyepelekan asupan pakan dan pengolahan air diantaranya ..

  • Radang ingsang
Adalah disebabkan karena kadar atau kualitas air dikolam anda kurang steril cara pemberian pakan yang berlebihan juga bisa mempengaruhinya,contoh ikan lele yang terkena radang ingsang adalah dia tidak bergerak dibawah sampai mati dan kematianya tidak diketahui.
  • STREES 
Pada penyakit kali ini ada beberapa bentuk
1. Disebabkan lele sering dipindah dari kolam kekolam, contoh penyakit tersebut lele berputar-putar tidak karuan pada kolam dan berlarian tidak karuan pula sampai lemas dan maut memisahkan kita,,heuheu
2. Karena sering diobok-obok sehingga ikan lele selalu merasa tidak tenang dan merasa takut.
3. Kebisingan/kegaduhan disekeliling kolam bisa juga mengakibatkan stres pada pertumbuhan ikan lele yang terbilang lama guys ..

  • RADANG USUS
Penyakit ini terjadi karena pemberian pakan tidak benar atau asal-asalan .
Contohnya untuk pakan Pelet adalah Pemberian pakan yang tidak diberi air panas untuk melunakanya,
contoh ikan yang terkena radang usus adalah
1. Perut buncit atau membesar sampai-sampai ikan lele kita berenang dengan perut berada diatas.
2. lele kurus (hanya kepalanya yang membesar) karena nafsu makan kurang diakibatkan pakan tidak masuk kedalam ususnya.
  • ASAM LAMBUNG
asam lambung terjadi hampir sama seperti yang diatas,karena pemberian pakan yang asal-asalan atau tidak memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan pada ikan lele kita.
maka dari itu jadwalkanlah pemberian pakan pada lele kita agar pencernaan lele kita dapat stabil (sebagai contoh seperti kita manusiapun seperti itu kan guys ..)
  • BAKTERI JAHAT (jamur pada kulit ikan)
penyakit ini paling berbahaya lho guys,,karena apa ....
karena penyakit ini menular keikan lele kita yang lain yang sekolam dengannya,
penyakit ini disebabkan karena air pada kolam sudah terlalu lama dan tidak pernah adanya pengurasan berkala,atau bisa juga karena pencemaran air.
Jika anda menemui penyakit yang seperti ini pada kolam anda guys,buru-buru angkat atau kuraslah kolam anda karena jika tidak semua lele anda akan tertular dan mengakibatkan lele anda mati rasa secara pelan-pelan dan mati.
contoh ikan yang terkena jamur atau bakteri ini adalah terdapat warna putih seperti panu pada ikan yang lama kelamaan akan merembet membesar kebagian tubuh yang lain,biasanya penyakit ini terdapat pada buntut/ekor ikan guys..

Bagaimana bro,,
semoga postingan ini berguna buat kalian yang hobi akan ikan dan ingin belajar membudidayakanya..

selamat mencoba gusy ...

No comments: