Wednesday, February 7, 2018

Cara pemeliharaa ikan lele umur 1 sampai 40 hari

hallo sobat ..jumpa lagi..
di artikel kali ini saya akan berbagi tips dan panduan berdasarkan pengalaman saya dan para petani lele yang lain..
seb
Cara pemeliharaan ikan bibit lele umur 1 sampai 40 hari..
sebelum jauh kedepan sebelumnya sobat sudah bacakan artikel-artikel sebelumnya..
kalo belum silahkan baca panduan yang lain di artiket sebelumnya disini karena cara pemeliharaan ini sudah melewati tahap-tahap cara memijahkan dan yang lainnya ..


okelah jangan lama-lama yuk perhatikan langkah-langkah berikut ini...

Pada penetasan lele, menetas hanya sekitar 50% setelah pengangkatan biang seperti yang saya jelaskan di artikel cara memijahan lele..
baru pada hari ke 2 lele menetas sekitar 95% karena sisanya biasanya tertinggal karena telur yang ga maksimal..
setelah penetasan seperti larva berwarna kuning ke hijauan ini lele punya cadangan makanan sekitar +_ 3 hari ya guyslihat gambar di bawah ..
 https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQRaaUsZgosGqa9vSWf-8KJWtrg3irDt4i_A735lZc88MJzsRyHAw larva lele umur 1-3 hari

jadi sobat semua masih bisa prepare yang lainnya ,seperti membereskan sisa injuk peneluran atau yang membereskan kolam yang lain,hanya pengawasanya saja yang perlu diperhatikan..
setelah lele berumur 3 hari,barulah sobat persiapkan makanan untuk mereka,bisa langsung pakai cacing sutra atau makanan racikan sobat sendiri,atau pakan racikan buatan kami ini.. cara membuat umpan racikan lele umur 3 hari sampai 10 hari ..
kalo cacing sutra biasanya lele umur 3 hari ini masih belum ganas belum umur,jadi nanti malah bisa jadi bahan racun didalam air jika cacing sutra tersebut mati didalam air..karena biasanya petani ga mau disibukan dengan racikan,mereka lebih suka merawat air bisa sekalian penyortiran nanti diumur lele sekitar10 sampai 14 hari.
untuk cacing sutra yang biasanya para petani pada umur ikan 3 hari cacing sutra lebih banyak di cincang.jadi kalo terlihat di kolam seperti darah kental yang dicincang terus di masukin ke kolam..

dan ada juga yang memakai kuning telur 2 kali sehari guys,untuk kuota telur biasanya tergantung banyak sedikitnya ikan ya guys,kalo bibit lele diatas 50.000 bibit biasanya memakai 3 butir kuning telur untuk sekali pakan.
 https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcShS1jfq_KRLo3KgJBswJKXlTZEmwluZX06gxEMVEo7wTPjOjp64Q lele umur 3 hari

oya guys kuning telurnya jangan lupa dikukus.kalo kuning telur mentah bisa juga malah lebih amis,tapi dampaknya kana buruk untuk kesehatan air dalam kolam.
dan ada juga langsung dengan pelet bubuk yang di beri air panas lalu ditiriskan..
untuk pemberian pakan tersebut biasanya dilakukan sampai bibit lele berusia 7-10 hari ya guys,barulah cacing sutra adalah pakan yang utama bergizi.

Cacing sutra sangat baik untuk perkembangan dan daya tahan tubuh si lele.harga caing sutra memang sedikit merogoh kocek kantong kita,tapi bila hasilnya jelas bahwa dengan cacing sutra memberi manfaat banyak untuk tumbuh berkembangnya si jabang lele tersebut..

setelah lele berumur +_14 hari ukuran lele sekitar 2-3-4 cm,sobat harus perhatikan kolam tersebut.
karena akan ada lele yang tumbuh kembangnya lebih pesat dari pada yang lain,sebut aja lele ini si "Grandong"hehehe maklampir juga gapapa..
si grandong ini wajib sobat perhatikan,karena dialah sang penguasa kolam ikan(kanibalisme).
pada usia sepeti ini sobat jangan sampai memberi makan telat pada si lele,sedikit demi sedikit tapi sering,agar silele tidak merasa laper dan kenyang berlebihan,karena kalo kenyang berlebihan juga tidak baik untuk tumbuh kembangya,semakin gesit bibit lele anda semakin cepat berkembang dan semakin sehat..
pada usia lele umur 20 hari silahkan sortir lele anda..kuras lele dan pisahkan sesusai ukuran.dan lele grandong itu kalo bisa jangan di campur adukan dengan lele yang lain,karena tumbuh kembangnya dia luar biasa pesat guy..dari pada sobat kuras kolam terus karena sigrandong ini tau ikan sobat abis dimkan grandong ini,mending dimanfaaatkan untuk yang lain..
berilah pakan secukupnya,sedikit tapi sering agar si lele berkembang dengan bagus dan kolam ikan juga dapat dipantau terus menerus.
cara penyortiran bisa menggunakan jaring besar atau jaring alus agar memilihnya bisa dengan serokan kecil,ada juga yang menggunakan serokan langsung,terserah sobat semua yang penting tidak dengan cara ekstream dan lele tidak terlalu strees pada saat penyortiran..

oya guys,sebelum penyortiran sebaiknya sobat semua sudah siapkan minimal 2 kolam kecil untuk menampung lele dengan ukurannya masing2 setelah penyortiran nanti.minimal kolam itu berisi air bersih yang sudah di enabkan selama 3 hari,agar kadar oksigen sudah tercukupi didalam air.

setelah penyortiran,barulah fase-fase aman sudah dilewati tinggal ikan bibit lele hasil sortir itu yang diperhatikan tumbuh kembangnya,
pengalaman saya,saya pernah habis di sortir terus streess karen menyortir lelenya terlalu ekstream,bisa dibilang saya ga ikut panduan sebelumnya..

setelah lele selesai penyortiran,berilah makan sedikit demi sedikit masih seperti diatas,kali ini bisa menggunakan pelet semi bubuk atau pelet yang kasar,direndam dahulu dengan sedikit air agar pelet agak sedikit berkembang.karena kalo tanpa direndam air dahulu,pelet ini nanti bisa berkembang diperut sang lele,sperti lele yang sedang hamil guys..
setelah lele berukuran 4-5-6 cm,inilah fase jari payah sobat terbayar,,lele ukuran segini biasanya sudah berumur 3 sampai 4 minggu..itu artinya lele sobat sudah bisa dijual..
kemudian sortirlah kembali dengan serokan perlahan dan pisahkan sesuai ukuran masing..
setelah lele umur lele 40 hari,lele sudah berukuran 6-7-8 cm..itu artinya masa panen 

gimana sobat..sedikit ribet ya..tapi kalo hobbi pasti seneng-seneng aja..
untuk tahap belajar pemula,nanti sobat bisa nambah ilmu sedikit kurangnya dari pengalaman..

artikel ini hanya langkah dasar dan gambaran untuk membantu sebelum sobat terjun ke dunia perikanan khusunya lele..

sampi disini dulu ya sobat,silahkan corat-coret dibawah jika ada yang di pertanyakan..
see sobat...
 

No comments: