Monday, February 5, 2018

Ikan emas




haloo sobat,kali ini saya akan berbagi info tentang ikan emas..
sebelum jauh saya akan mengenalkan ikan bersisik besar besar ini kepada kalian ya guys..

ikan mas telah dibudidayakan sebagai ikan konsumsi oleh bangsa Cina sejak 400 tahun SM.
 kemudian menyebar merata di Asia, Eropa, Amerika dan Australia..
Pembudidayaan ikan mas di Indonesia banyak ditemui di Jawa dan Sumatra dalam bentuk empang, balong maupun keramba terapung yang di letakan di danau atau waduk besar. Habitat aslinya yang di alam meliputi sungai berarus tenang sampai sedang dan di area dangkal danau ya sobat..

Perairan yang disukai tentunya yang banyak menyediakan pakan alaminya.
muara atau area kecil yang terdalam pada suatu dasar perairan adalah tempat yang sangat ideal untuknya. Bagian-bagian sungai yang terlindungi rindangmya pepohonan dan tepi sungai dimana terdapat runtuhan pohon yang tumbang dapat menjadi tempat favoritnya.
Ikan mas memijah di perairan yang dangkal, atau areal perairan yang kering di musim kemarau dan di musim hujan tergenang sobatt..tapi jangan berpandangan sembarang air dangkal ya...hehe
Tergenangnya areal itu akan menimbulkan bau tanah yang dapat merangsang terjadinya pemijahan.Suhu dan PH air untuk pertumbuhan optimal adalah 20-25 0C..

Ikan mas hidup di air tawar yang tidak terlalu dalam dan alirannya tidak terlalu kuat. Ikan mas dapat hidup baik pada ketinggian air 150-600 m di atas permukaan laut pada suhu 25-30 0C. Ikan mas termasuk jenis omnivora ya guys yakni ikan yang dapat memangsa berbagai jenis makanan, baik yang berasal dari tumbuhan maupun binatang renik Larva,ikan mas lebih suka makan rotifera, protozoa, dan udang-udangan, seperti Moina sp, dan Dapnia sp. Setelah berukuran 10 cm, makan Chironomidae, ligochaeta, Epemenidae, Tubificidae, Molusca, dan bahan-bahan organik lainnya.

Ikan mas termasuk ikan yang memiliki kebiasaan di berbagai bagian perairan, di permukaan air, di tengah perairan, dan juga di dasar perairan lho guys..
Ikan mas dewasa lebih cenderung pemakan dasar (bottom feeder) dengan mengaduk-ngaduk dasar perairan..

Di kolam-kolam pemeliharaan ikan ini bersifat omnivora, memakan segala macam pakan baik jasad-jasad hewani maupun nabati, misalnya macam-macam buah-buahan dari tumbuhan pinggir sungai, biji-bijian, udang (Crustacea), Molusca, Copepoda, Ostracoda, Cladosera, Isopoda, Amphipoda, cacing dan sisa-sisa organisme. Jenis makanan yang dapat dimakan larva berumur sekitar 4-5 hari adalah organisme renik berupa plankton. Selain itu ikan mas dikategorikan sebagai ikan "bottom feeder"

ikan mas ini termasuk ikan yang penakut lho gus,gampang stress...
jadi bagi pembudidaya pemula harap perhatikan tentang lingkungan disekitar agar ikan kalian tidak mudah stress dan terhambat proses perkembangbiakannya..
sekian dulu ya guys,info yang saya berikan..
tunggu info berikutnya...

No comments: