Sunday, January 28, 2018

Cara memilih Biang atau indukan yang baik untuk pemijahan ikan lele

Cara memilih Biang atau indukan yang baik untuk pemijahan ikan lele


Pemilihan biang/indukan lele yang bagus adalah termasuk faktor utama dari berhasil dan tidak calon bibit lele anda berhasil atau tidaknya,maka dari itu saya ingin berbagi ilmu sedikit buat anda para pemula,tentang bagaimana  cara memilih biang yang bagus untuk anda pijahkan/telurkan diantaranya sebagai berikut :


  1. pertama anda harus tau biang mana yang siap untuk dipijah,untuk biang/indukan jantan alat kelaminya berwarna merah keabu-abuan,berarti dia siap di pijahkan,untuk yang Betina pun seperti itu alat kelaminya berwarna merah keabu-abuan namun ada tambahan sedikit,urutlah bagian perut secara perlahan dari atas,jika keluar telur maka biang tersebut siap dimasukan kedalam kamar pengantin/kolam yang sudah anda siapkan.
  2. pastikan biang berumur lebih dari satu tahun,karena kualitas bibit yang akan dihasilkan akan lebih kuat dalam tumbuh atau lebih tahan dari segala penyakit.
  3. pastikan biang yang akan dipijahkan jantan dan betina berbobot/besar badannya sama,karena lele termasuk hewan kanibalisme jadi akan takut dimakan jika lawan mainnya lebih besar dari pada tubuh biang tersebut.
  4. dan sebelum anda mengambil atau membiangkan indukan akan lebih baik biang jangan diberi makan 2 hari sebelumnya kenapa : agar kita tau mana biang betina yang perutnya isi telur dan mana biang yang perutnya isi pakan yang anda beri setiap harinya..
mungkin sementara hanya ini yang bisa saya sampaikan kepada sobat semua yang ingin mencoba memijahkan lele sendiri ...selanjutnya jangan lupa dibaca cara memijahkan lele...
kalau ada yang masih bertanya silahkan komentar dibawah ...
terima kasih ..

No comments: