Saturday, January 27, 2018

Cara memijahkan ikan lele

WELCOME BACK >>>>>>>
kali ini saya akan memberikan Tips cara memijahkan lele..
sebelum agan semua baca ini sebaiknya agan semua baca artikel sebelumnya yaitu cara memilih biang ya bro,,,agar sobat semua gak bingung kok tau tau udah mijahin aja ...heuheu
yuk kita langsung aja dan ga usah bertele-tele ya sobat..
Cara memijahkan ikan lele ..
setelah agan semua sudah menyiapkan biang jantan dan biang betina sebelumnya agan harus
siapkan injuk yang sudah di anyam,lihatlah pada gambar dibawah ini :



setelah agan menyiapkannya,masukanlah injuk kedalam kolam yang sudah dipersiapkan,tinggi air kolam dibawah 50 cm ya guys agar jika nanti sudah nmemijah agan semua tidak sulit untuk mengangkat biang lele dihari berikutnya..
setelah air siap masukanlah injuk dan tata/susnlah injuk dikolam anda,contoh lihat gambar di bawah ini,injuk harus berada didasar ya guys..










oya sobat..air kolam pemijahan diusahakan air baru ya guys,mempengaruhi telor yang akan di tetas.

jika sudah siap semua seperti yang diatas barulah agan masukan kedua biang itu kedalam kamar pengantin yang tadi telah agan semua siapkan..dan pastikan sobat memijahkannya pada sore hari,karena proses pemijahan atau perkawinan lele tersebut pada malam hari.dan pastikan pula kolam dalam keadaaan sepi pada waktu malam pemijahan guys dan tinggi kolam pemijahan minimal 50cm karena lele akan tidak akan memijah jika dia tau keberadaan manusia disekitarnya.

dan bila pada kolam itu brisik atau kedubrakan sebaiknya diamkan saja karena disitulah permainan lele sedang dimulai,,,hahay.
lele itu kaya turis guys,mainnya ga bisa tenang,heuheuheu

oya gan,kalo agan masih bingung tentang pemijahan lele,perkawinan itu adalah mengeluarkan telor dan menaruh kembali sperma jantan kedalam perut sang Betina.jadi pada saat biang sudah mengeluarkan telornya,biang tersebut dalam keadaan hamil kembali.
tinggal diberi pakan secukupnya agar telur barunya kembali menua dan membesar

sambung lagi,setelah pagi hari sekitar jam 06-07an lihatlah kolam pemijahan tersebut,dan lihatlah injuk yang agan taruh didasar,apakah ada telornya,jika iya berarti proses pemijahan berhasil,jika tidak berarti ada kesalahan atau ada yang mengganggu pada malam pemijahan..atau ada yang menggangupada proses malam pengantin mereka..

setelah injuk terisi telor,angkatlah kedua biang yang ada dikolam agan semua kembali kerumahnya masing-masing,kemudian angkatlah batu yang digunakan agan semua untuk membuat injuk tenggelam itu atau jika ada telornya geserlah,setelah injuk mengambang,baliklah injuk agan semua jadi sekarang injuk yang ada telornya berada dibawah ya sobat..
setelah itu tunggulah dan jagalah selama 2 x 24 jam ,pada hari berikutnya telor menetas 50%,dan pada hari berikutnya barulah telor menetas 100%.
setelah itu mulailah petualangan baru bahwa agan semua adalah AYAH dari mereka semua ...
jaga dan perhatikanlah ...
baca juga Cara pemeliharaan ikan lele dari 1-40 hari bila sobat ingin meneruskan langkah budidayanya.

gimana sampai disini apa ada yang masih bingung sobat ???
kalo bingung praktekin aja nanti pasti bisa.

see.....